Bupati Adipati Kunjungi Pameran Bonsai Kelapa Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2018

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :17 Desember 2018 | Sudah Dilihat : 451 Kali Dilihat

Bonsai yang merupakan miniature tanaman mempunyai nilai seni yang indah serta memiliki nilai ekonomis yang bisa diperjualbelikan, di samping mampu memberikan manfaat edukatif atau pengetahuan tentang jenis pohon yang ada di dunia melalui pembuatan dan dibentuk miniature.

 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.I.P saat membuka Pameran Bonsai Kelapa Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2018 di Lapangan Korpri Kabupaten setempat, Senin (17/12/2018).

Pada acara pameran tersebut, Sekda Saipul juga mengatakan bahwa pelaksanaan pameran bonsai kelapa seperti ini memang diperlukan dalam upaya menumbuhkan rasa cinta terhadap seni tanaman bonsai kelapa.

 

“Selain itu, Pameran Bonsai Kelapa ini juga sebagai ajang para pecinta bonsai kelapa untuk unjuk kreatifitas yang saat ini cukup popular di kalangan masyarakat Way Kanan khususnya bahkan digemari masyarakat di daerah lain”, ujar Sekda Saipul pada acara yang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kepala Bagian dan Camat Blambangan Umpu, Yustian Umri Sangon, S.STP.

Selanjutnya pada acara yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Kopi Talang itu, Sekda Saipul juga menjelaskan bahwa di dunia Internasional dari berbagai jenis tanaman bonsai, Indonesia sudah cukup dikenal dan menadapat apresiasi yang luar biasa, para seniman bonsai Indonesia pun mendapat tempat di kalangan pecinta bonsai manca Negara untuk melakukan training dan workshop baik di Asia Pasifik, Eropa maupun di Amerika.

 

“Khusus bonsai kelapa di Kabupaten Way Kanan mulai digandrungi masyarakat, eksistensinya belum muncul ke permukaan karena masih bersifat hobby individu, dan belum memiliki wadah organisasi secara resmi. Seiring semakin bertambahnya penggemar bonsai kelapa di Way Kanan, komunikasi dan sharing pun terjalin hingga penggemar bonsai bersepakat untuk duduk bersama menyelenggarakan pameran pada hari”, tutur Sekda Saipul yang juga mengatakan kepada seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk dapat menaruh Bonsai Kelapa di tempat kerjanya sebagai salah satu bentuk promosi kepada tamu yang datang.

Diketahui, usai Sekda Saipul membuka Pameran Bonsai Kelapa Tingkat Kabupaten Way Kanan, Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M turut hadir meninjau pameran tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Raden Adipati mengapresiasi kreatifitas komunitas Bonsai Kelapa di Way Kanan, dan berharap agar kreatifitas dan semangat ini tidak hanya diawal saja tetapi dapat terus dikembangkan serta dipasarkan hingga keluar daerah sehingga dapat ikut serta menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat.

Komentar