Capaian Kinerja Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Way Kanan di Tiga Tahun Kepemimpinan Adipati-Edward

Diposting Oleh : Super Administrator | Tanggal Posting :08 Maret 2019 | Sudah Dilihat : 354 Kali Dilihat

 

Capaian Kinerja

Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Way Kanan  di Tiga Tahun Kepemimpinan  Adipati-Edward

BIDANG OLAHRAGA

 

Bidang Olahraga memiliki 3 Program yaitu

  1. Program Pembinaan dan Pemasyarakatan Olahraga,

Program Pembinaan dan Pemsyarakatan Olahraga mencakup beberapa Kegiatan antara lain,

  1. Peningkatan Kesehatan Jasmani (Senam Bersama) yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Olahraga Nasional yang dilaksanakan di Bulan September dalam setiap Tahunnya.

Dengan Memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) dapat menumbuhkan semangat olahraga di masyarakat umumnya dan pemerintah daerah khususnya, karna dengan berolahraga (bergerak) dapat memfungsikan komponen tubuh baik otot syaraf dan organ lainnya, serta dapat pula memperbaiki system cardio vascular dalam metabolism tubuh.

Sehingga kebugaran dalam beraktifitas untuk bekerja dan berkarya akan menjadi lebih baik guna mencapai hasil yang optimal.

  1. Festival Olahraga Tradisional, yang dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan agustus dalam rangka memperkingati HUT RI, yaitu permainan Egrang, Lari Karung dan Tarik Tambang yang bertujuan untuk mengingat kembali permainan-permainan tradisional peninggalan budaya bangsa yang saat ini hamper punah dan mengembalikan anak ke aktifritas alam dimana saat ini anak-anak sudah terrkontaminasi dengan adanya Gagde. Membentuk karakter anak ke kerja sama kelompok bersaing positif dan kompetisi.
  2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Olahraga,

Pemberian bantuan sarana olahraga untuk club – club olahraga seperti buat bantuan Bola Kaki, Bola Volly, Raket Bulutangkis, Net Bola Volly dan Net Bulutangkis.

Sebagai perangsang (stimulus) bagi pelaku olahraga agar dapat mengembangkan olahraga prestasinya di club – club unggulan yang atlinya subah berprestasi di baik tingkat daerah dan tingkat provinsi, sebagai bentuk perhatian Pemerintah melalui pendekatan secara psikologis kepada atlit dan Pembina olahraga.

  1. Program Pengembanmgan Kebijakan Menejemen,
  2. Pelaksanaan Turnamen Bola Volly, Futsal, Bulutangkis dan Tenis Meja dalam rangka ikit memeriahkan Peringatan Hari Ulangtahun Kabupaten Way Kanan, yang dilaksanakan setiap tahunnya di Bulan April, yang bertujuan untuk menumbuhkan minat masyarakat untuk pentingnya hidup sehat dengan cara berolahrga.

Disamping kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda olahraga dan Pariwisata Kabupaten Way Kanan, dalam setiap tahunnya ada juga kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia antaralain :

  1. Kegiatan Gala Desa, Yaitu Kegiatan Pertandingan Antar Desa, dengan olahraga yang di pertandingkan antralain : Bola Kaki, Bola Volly, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Takraw dan Lari 100 M. merupakan Program KEMENPORA tahun 2017 dalam memasalkan olahraga di daerah – daerah terpencil dengan harapan olahraga akan prestasi merata di seluruh daerah di nusantara.
  2. Kegiatan Pemanduan Bakat, yaitu kegiatan yang dilaksanakan guna mencari bibit – bibit atlit di usia pejar, kegiatan ini di ikuti sebanyak 400 peserta (Pelajar SMP ) yang ada di kabupaten Way Kanan.

Dari 400 peserta pembibitan atlit tersebut adalah siswa/I SMP yang berada di Kabupaten Way Kanan, siswa/I yang terpilih sebanyak 10 (sepuluh) orang yang di kategorikan sebagai atlit berbakat yang akan di awasi langsung oleh KEMENPORA dalam perkembangan fisik, teknik dalam olahraga yang telah di tentukan Team Pembinaan Atlit Berbakat.

  1. Bantuan Pembangunan Sarana Olahraga yaitu Pembangunan Lapangan Futsal dan Tribun Lapangan Bola Kaki.

Yang terletak di 3 desa antara lain : Desa Rambang jaya berupa Lapangan Futsal, Desa Way Tuba berupa Tribun Lapangan Bola Kaki dan Desa Brathayudha berupa Tribun Lapangan Bola Kaki. Yang mana fasilitas olahraga ini sudah di manfaatkan dan di nikmati oleh masyarakat tersebut. Contonya untuk memperingati hari –hari besar dan turnamen olahraga.

 

BIDANG PARIWISATA

 Bidang Pariwisata memiliki 3 Program yaitu

Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata,

Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata mencakup beberapa Kegiatan antara lain,

1. Pembinaan Even Bamboo Rafting yang dilaksanakan di sejak tahun

2. Pembinaan Even Wisata Camping Ground, yang dilaksanakan sejak tahun

3. Pelaksanaan Promosi Pariwisata Nusantara di dalam dan luar negeri

4. Festival Krakatau

5. Pentas Seni Daerah

6.Pemilihan Muli Mekhanai

7. Penyelenggaraan Festival Radin Jambat

8.Lampung Fair

9.Kegiatan Tari kreasi tradisional

10.Pengembangan Wisata promosi even daerah

Program Pengemabangan Destinasi Pariwisata,

Program pengembangan Destinasi Pariwisata terdiri dari kegiatan Pengembanagn Objek Pariwisata Unggulan yang dilaksanakan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK)

Program Pengembangan Kemitraan,

Program Pengembangan Kemitraan terdiri dari kegiatan Pembinaan Pengusaha Pariwisata yaitu Pembinaan Kelompok Sadar Wisata.

 

 

 

Komentar