Diskominfo Way Kanan Paparkan RENSTRA Tahun 2021-2026 Kepada Tim APIP Inspektorat

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :14 Oktober 2021 | Sudah Dilihat : 199 Kali Dilihat

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan melakukan Paparan Rencara Strategis Dinas Komunikasi dan Informatika Tahun 2021-2026 di Ruang Kepala Dinas Kominfo setempat, Kamis (14/10/2021), yang dihadiri oleh Tim Aparat Pengawas Internal Pemerintah, Inspektorat Kabupaten Way Kanan

Dalam paparannya, Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Dinas Kominfo, Heri Apriadi, S.Kom menyampaikan dalam Renstra Dinas Kominfo Sesuai dengan Visi Way Kanan Unggul dan Sejahtera serta Misi Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik.

Hal tersebut juga sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah. Peraturan Daerah Kabupaten Way Kanan Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Way Kanan Tahun 2021-2026 dan Peraturan Bupati Way Kanan Nomor 36 Tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan.

 

Selanjutnya, dalam Tahapan Penyusunan Renstra, terdapat Tahapan Persiapan yang meliputi Pembentukan Tim Penyusun Renstra, Agenda Kerja Tim dan Inventarisir Kebutuhan Data. Pada Tahapan Penyusunan Renstra, pada Tahap Penyusunan Rancangan Awal Agenda Kerja Tim terdiri dari Mendalami RPJMD Way Kanan 2021-2026, Telaah visi dan misi RPJMN dan Renstra Kemkominfo, Telaah visi misi RPJMN dan Renstra Kemkominfo, Telaah RPJMD Pemprov dan Renstra Diskominfotik Provinsi Lampung, Analisis gambaran Pelayanan Diskominfo Way Kanan dan Evaluasi capaian Renstra Periode sebelumnya, Merumuskan isu-isu strategis, tujuan dan sasaran serta Merumuskan Rencana Kegiatan, Indikator Kinerja, Target dan Pendanaan.

Pada Tahapan Penyusunan Renstra, Tahapan Penyusunan Rancangan Akhir Agenda Kerja Tim terdiri dari Perumusan Rancangan Akhir Renstra, Reviu/Evaluasi Rancangan Akhir Renstra ke Bappeda Kabupaten Way Kanan, Penyajian Rancangan Akhir Renstra. Tujuan Renstra Dinas Kominfo Way Kanan yaitu Meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik, Meningkatnya kualitas Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Meningkatkan kualitas pengelolaan data, Meningkatnya Akuntabilitas Instansi Pemerintah, Meningkatnya Kinerja Organisasi dan Meningkatnya Pendadpatan dari Restribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi.

Untuk, Sasaran Renstra Dinas Kominfo Way Kanan Tahun 2021-2026 terdiri dari Meningkatkan pelayanan informasi publik, Meningkatkan keamanan informasi, Meningkatkan kualitas kebijakan internal SPBE, Meningkatkan kualitas Tata kelola SPBE, Meningkatkan kualitas layanan SPBE, Meningkatkan pemenuhan data bagi satu data Way Kanan, Meningkatkan kualitas SAKIP, Meningkatkan kualitas ASN dan Meningkatkan pendapatan dari Restribusi pengendalian menara telekomunikasi.

Selanjutnya, juga dipaparkan Sasaran, Indikator dan Target Jangka Menengah Pelayanan Dinas Kominfo Way Kanan 2021-2026, Strategi, Arah kebijakan untuk memenuhi sasaran, tujuan dan target Renstra dengan Melaksanakan program dan kegiatan Dinas Kominfo yang diamanatkan dalam Keputusan Mendagri Nomor 050-3708 Tahun 2020 tentang Hasil verifikasi dan validasi pemutakhiran klarifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan Daerah. serta Program dan kegiatan, Anggaran dan Realiasasi Renstra Periode sebelumnya

Penulis : Deny Kesuma
Foto :  Team

Komentar