Inspektorat Gelar Sosialisasi dan Internalisasi PPMPTPK Tahun 2019 di 5 Kecamatan

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :13 Desember 2019 | Sudah Dilihat : 308 Kali Dilihat

Inspektorat Daerah Kabupaten, Kamis (12/12/2019) menggelar Acara Sosialisasi dan Internalisasi Penanganan Pengaduan Masyarakat dan Pelaporan Tindak Pidana Korupsi Tahun 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan.

Dengan dimoderatori oleh Plt Sekretaris Inspektorat, Falahudin, S.I.Kom itu berlangsung dengan sangat interaktif dimana para peserta yang terdiri dari Kepala Kampung maupun Badan Perwakilan Kampung dari Kecamatan Pakuan Ratu, Kecamatan Negara Batin dan Negeri Besar melakukan konsultasi terkait pelaksanaan tugas dan tanggungjawab mereka sebagai Aparatur di Kampung.

Pada acara tersebut pula dinarasumberi oleh Irban Wil 4 Inspektorat Daerah Kabupaten Sunaryo, S.Pt.,M.M dengan paparan makalah yang berjudul “Mengawal Dana Desa Untuk Kesejahteraan dan Kemakmuran Masyarakat”, Kepala Bidang Fasilitasi Keuangan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Rawan Utara, Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Blambangan Umpu Maryon, S.H dan Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat Polres Way Kanan Iptu Burhan.

Dalam paparan Irban Wil 4, Sunaryo menyampaikan bahwa Desa atau di Kabupaten Way Kanan yang disebut Kampung hendaknya dapat lebih memperbaiki diri karena pengaduan dari masyarakat tidak akan ada jika Dana Desa dilaksanakan sesuai aturan, tidak ada penyelewengan dan manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Kampung. Pengaduan Masyarakat juga tidak akan ada jika kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dapat tercapai. Adapun untuk mencapai hal tersebut terdapat tiga konsep yaitu “Three Line Of Defend” atau tiga lini pertahanan yang harus dilakukan oleh Kampung yaitu dengan melakukan Manajemen Desa, Fungsi Pengnendalian serta Audiit Internal yang harus dilakukan secara konfrehensif. Serta kampung juga harus melakukan Keterbukaan Informasi serta melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di Kampung.

Diketahui, acara tersebut merupakan rangkaian acara ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Blambangan Umpu pada Tanggal 3 Desember 2019 dan di Kecamatan Way Tuba pada Tanggal 11 Desember 2019 lalu.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Inspektorat Daerah Kabupaten 

Komentar