Pemda Way Kanan Tandatangani MoU dan PKS Pengembangan Kopi Robusta Putri Malu

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :23 Mei 2019 | Sudah Dilihat : 172 Kali Dilihat

Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, M.M didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangaan dan Pembangunan Drs, Musadi Muharam, M.M dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Kussarwono, M.T menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama dan Perjanjian Kerjasama Pengembangan Kopi Robusta Putri Malu Kabupaten Way Kanan di Aula PKK Kabupaten ini, Kamis (23/05/2019).

Dari informasi yang diterima Dinas Komunikasi dan Informatika pada kesempata tersebut Wakil Bupati Edward Antony mengatakan bahwa kebu kopi di Bukit Punggur cukup luas serta memiliki indeks geografis namun SOPnya yang belum dapat berjalan secara penuh.

“Hal tersebut yang perlu didorong oleh Pemerintah Daerah dalam menunjukkan peran serta terhadap pengembangan kopi Robusta ini serta peran aktif dari Badan Penyangga guna menjamin pendapatan petani yang diharapkan tidak lagi bergantung kepada para tengkulak”, ujar Wakil Bupati Edward Antony.

Selanjutnya, Wakil Bupati Edward Antony juga menegaskan kepada para Satuan Kerja Perangkat Daerah, Gapoktan dan petani untuk konsisten pada petik merah, agar produksi dapat terus berlangsung dan kualitas produksi tidak berubah.

“Selain konsisten pada petik merah, akan direncanakan juga terkait dengan pupuk organik yang baik digunakan untuk membantu para petani kopi”, lanjutnya yang juga mewacanakan untuk dibuatkan Aplikasi atau Website tentang Kopi Robusta Putri Malu yang berisi segala informasi dan dapat diakses oleh masyarakat luas.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Drs. Rudi Joko Kurnianto, S.H dalam paparannya menyampaikan langkah-langkah strategis dalam pengembangan Kopi Robusta Putri Malu Way Kanan yaitu melakukan Pemetaan Wilayah Unggulan (SK), Pemetaan Pelaku Usaha/Sasaran, Binaan bagi Gapoktan, Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah Hulu ke Hilir, Mengidentifikasi Permasalahan serta Merancang Program dan Anggaran beripa Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana / Teknologi.

Diketahui, Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama Dan Perjanjian Kerjasama Antara Gapoktan HKM Putri Malu, Gapoktan HKM Mekar Jaya, Gapoktan HKM Jaya Lestari , Gapoktan HKM Tunas Harapan dengan KPHP Bukit Punggur Dan Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan tentang Pengembangan Kopi Robusta Putri Malu di Wilayah Hutan Kabupaten Way Kanan Tahun 2019.

Serta dihadiri juga oleh Kepala dan unsur Dinas Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinass Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Bagian Hukum, Bagian Administrasi Perekonomian, Camat Banjit, Camat Kasui dan Camat Rebang Tangkas.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Editor : Edwar Apriadi

Photo : Ari Pitriadi / Humas

Komentar