Peringati HPSN 2021, Plh. Bupati Saipul Ikut Aksi Bersih Sampah Serentak

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :26 Februari 2021 | Sudah Dilihat : 176 Kali Dilihat

Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan Aksi Bersih-Bersih Sampah di Lingkungan Pasar Blambangan Umpu yang dipimpin langsung oleh Plh. Bupati Saipul, S.Sos.,M.IP didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dwi Handoyo Retno, S.E.,M.M, Jum’at (26/02/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam Rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap Tanggal 21 Februari, kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara serentak di wilayah masing-masing pada hari ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor : 660/153/IV.12-WK/2021 Tentang Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Way Kanan.

Dalam arahannya, Plh. Bupati Saipul mengatakan bahwa HPSN menjadi momen untuk membangun kesadaran publik dalam upaya-upaya pengelolaan sampah dan pengurangan sampah. Upaya tersebut ternyata membuahkan hasil yang sangat positif. Plh. Bupati juga berharap aksi bersih-bersih sampah dapat menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Aksi bersih-bersih serentak juga diikuti oleh seluruh SKPD di Lingkungan Kantornya masing-masing serta diikuti seluruh masyarakat di Kabupaten Way Kanan.

“HPSN mengingatkan kita bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam pengelolaannya. Persoalan sampah merupakan persoalan serius dan multidimensi, sehingga diperlukan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus menerus. HPSN 2021 juga bertujuan untuk memperkuat komitmen dan peran aktif Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi, memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah, dan memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implemantasi bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi”, ujar Plh. Bupati, Saipul.

Selanjutnya, meskipun dalam masa Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Lingkungan Hidup tetap menggelorakan dan mengajak masyarakat untuk selalu memanfaatkan sampah yang ada di sekeliling dengan menerapkan pola 3R yang merupakan langkah minimal yang dapat dilakukan secara mandiri dalam menghadapi permasalahan sampah di Bumi Ramik Ragom.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dwi Handoyo Retno juga menyampaikan bahwa terdapat beberapa kebijakan yang telah diambil seperti penggunaan kantong belanja guna ulang, penggunaan tumbler minuman serta pelarangan pemakaian kemasan plastic untuk makanan saat Rapat.

 

“Meskipun tantangan pengelolaan sampah yang kita hadapi sangat berat, namun kita optimis kita akan dapat menghadapi dan melewatinya dengan baik. Rasa optimis ini tetap tumbuh karena sudah banyak yang telah kita lakukan. Mari kita pandang sampah bukan sebagai bahan yang sudah tidak berguna, namun sebagai bahan baku ekonomi yang dapat menjadikan kita kuat melalui pandemi ini”, ujar Kadis LH, Dwi Handoyo Retno.

Diketahui, Sesuai dengan arahan Dirjend Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati saat Konferensi Pers HPSN 2021, bahwa HPSN Tahun 2021 harus menjadi babak baru pengelolaan sampah di Indonesia, dengan menjadikan sampah sebagai bahan baki ekonomi Indonesia.

Selanjutnya, kegiatan tersebut juga sebagai tindaklanjut dari Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : SE.1/MENLHK/PSLB3/PLB.0/2/2021 Tanggal 1 Februari 2021 tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2021 dan Surat Gubernur Lampung Nomor : 005/0505/V.10/2021 Tanggal 10 Februari 2021 tentang Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021.

 

Kegiatan HPSN 2021 mengangkat tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”, pelaksanaan HPSN 2021 dimanfaatkan sebagai momentum atau sarana untuk meraih Adipura guna mewujudkan Way Kanan Unggul dan Sejahtera. Peringatan HPSN Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Way Kanan direncanakan dengan melaksanakan Aksi Bersih Sampah serenak di Wilayah masing-masing pada Hari Jum’at, 26 Februari 2021 mulai Pukul 08.00 WIB hingga Pukul 11.00 WIB. Dimana dalam pelaksanaannya selalu memperhatikan Protokol Kesehatan 3M. Serta untuk OPD dan Kecamatan, mengirimkan dokumentasi pelaksanaan kegiatan ke Dinas Lingkungan Hidup melalui email : dlhwaykananlampung@yahoo.com.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Dinas Lingkungan Hidup

 

Komentar