Pjs Bunda PAUD dan Ketua GOPTKI Way Kanan Ikuti Rakoor Virtual Lintas Sektor PAUD

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :19 November 2020 | Sudah Dilihat : 126 Kali Dilihat

Bertempat di Rumah Dinas Sekretaris Daerah Kabupaten, Pjs. Bunda PAUD Kabupaten Way Kanan, Bunda Drg. Hellen Veranica Mulyadi didampingi Ketua GOPTKI Kabupaten Way Kanan, Ny. Vorian Melita Saipul dan Unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektor PAUD se-Provinsi Lampung secara Virtual, Kamis (19/11/2020) yang juga diikuti oleh Direktur PAUD Kemendikbud RI, Balai Pengembangan PAUD dan DIKMAS Lampung, Pengurus Pokja Bunda PAUD, OPD terkait dan Organisasi Mitra PAUD se-Provinsi Lampung.

Rakoor virtual tersebut diselenggarakan dalam Rangka Mengimplementasikan salah satu Tugas Bunda PAUD Provinsi dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota yaitu Melakukan kerjasama secara berkala dan berkesinambungan dengan berbagai Lembaga dan Organisasi untuk mewujudkan layanan PAUD berkualitas.

 

Pada Rakoor tersebut, Bunda PAUD Provinsi Lampung, Bunda Hj. Riana Sari Arinal, S.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa di tengah Pandemi Covid-19 saat ini banyak pembatasan yang mengurangi ruang gerak di lapangan, namun semangat untuk membangun PAUD berkualitas harus terus diperkuat sehingga saat situasi normal, gagasan tersebut dapat langsung dilaksanakan. Program PAUD berkualitas dengan layanan holistik integrative adalah penanganan anak usia dini secara utuh dan menyeluruh, baik mencakup layanan gizi dan kesehatan, layanan pendidikan dan pengasuhan pencegahan dan perlindungan dari segara bentuk kekerasan serta upaya untuk memberikan yang terbaik bagi semua aspek perkembangan anak.

“Untuk mencapai sasaran yang Saya sebutkan itu memanng tidak mudah. Ini merupakan tantangan yang harus ditangani secara simultan. Namun kita tidak boleh pasif, sebaiknya kita harus bergerak cepat melihat ke depan. Saya piker Program PAUD bisa menjadi contoh bagaimana kita mampu membangun sistem pendidikan usia dini yang lebih baik. Harapan inilah yang kita capai. Dengan artian, program yang dirancang oleh Pookja Bunda PAUD Provinsi Lampung harus sejalan dengan program yang dirancang oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Desa, Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota, Komunitas serta seluruh masyarakat sehingga tujuan untuk mewujudkan layanan PAUD berkualitas dapat tercapai. Sejalan dengan itu, dapat kita sinergikan pula dengan upaya pecegahan stunting sebagai bagian dari peningkatan kualiltas anak yang dimulai dari usia dini”, ujar Bunda Riana Sari Arinal.

 

Bunda PAUD Riana Sari Arinal juga menegaskan bahwa masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh generasi penerus bangsa yang saat ini sedang tumbuh. Dimana kita tidak mungkin mampu bersaing dalam menghadapi masa mendatang jika generasi penerus yang saat ini ada tidak sehat, cerdas dan berkualitas. Untuk itu, PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi dan mampu membawa Indonesia menjadi Negara bermartabat sejajar dengan Negara-Negara lainnya.

“Saya berharap Rakoor hari ini dapat menjadi wahana strategis dalam mengevaluasi program kerja Pokja PAUD yang telah dilaksanakan dan memantapkan program kerja yang akan kita laksanakan kedepan, sekalilgus meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan semua pemangku kepentingan. Ikuti dengan sebaik-baiknya dan Saya minta kepada seluruh peserta dapat aktif sehingga nantinya dapat melahirkan inovasi dan ide-ide baru dalam rangka pengembangan penyelenggaraan PAUD menuju layanan PAUD berkualitas di Provinsi Lampung”, lanjut Bunda Riana Sari Arinal.

 

Diketahui, pada Rakoor virtual yang dimoderatori oleh dr. Isura Febrihartarti itu dilakukan pemaparan materi oleh Bunda PAUD Provinsi Lampung dengan Materi Peran Bunda PAUD untuk mendukung pelaksanaan layanan PAUD berkualitas, selanjutnya materi kedua oleh Direktorat PAUD Kemendikbud tentang Kebijakan Diretorat PAUD, Materi ketiga oleh Ketua Pokja Bunda Rusdiana Dewi Adi, S.E tentang Perorganisasian Pokja Bunda PAUD dan materi keempat oleh Sekretaris Pokja Bunda Dra. Suslina Sari, M.M tentang Penyusun Profil Perkembangan PAUD Provinsi Lampung.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Nurdin / Dok. Pim

Komentar