RAS Kukuhkan TPAKD Way Kanan dan Resmikan Kantor Kas Bank Syariah Blambangan Umpu

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :18 September 2019 | Sudah Dilihat : 291 Kali Dilihat

Bertempat di Halaman Kantor Kas Bank Syariah Sekretariat Kabupaten Way Kanan, Bupati H. Raden Adipati  Surya, S.H.,M.M menghadiri Acara Pengukuhan TPKAD dan Lauching Program TPKAD Serta Peresmian Kantor Kas Blambangan Umpu Bank Syariah Way Kanan, Rabu (18/09/2019) yang dihadiri oleh Pj Sekda Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bagian Lingkungan Hidup Provinsi Lampung Fitri, Kepala OJK Provinsi Lampung Indra Krisna, Manajer Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung Astri, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Perbendaharaan Provinsi Lampung Sofandi Arifin, Direktur Pemasaran BPD Lampung Nurdin Hasaboena, Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia Provinsi Lampung Mat Amin.

 

Menyampaikan sambutannya, Bupati Adipati mengatakan sebagai Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah yang dibentuk berdasarkan Radiogram Menteri Dalam Negeri nomor T-900/634/KEDUA tanggal 19 Februari 2016, Bupati Way Kanan telah mengeluarkan Keputusan Bupati Way Kanan Nomor B.303/I.06-WK/HK/2018 Tanggal 8 Agustus 2018 tentang Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Way Kanan, maka TPAKD Way Kanan yang dikukuh pada hari ini agar dapat mengemban amanah yang diberikan dengan baik guna membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan akses keuangan secara cepat dan tepat sehingga pada akhirnya akan meningkatkan geliat perekonomian Kabupaten Way Kanan. Mengingat kehadiran TPAKD Way Kanan tidak lepas dari keinginan Pemerintah untuk dapat hadir dalam merepon kebutuhan rakyat. Lebih dari itu, TPAKD juga meiliki kewenangan untuk menjemput bola dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di daerah, termasuk menggali potensi ekonomi yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan.

“Dengan adanya TPAKD diharapkan akan menjadi forum koordinasi antar instansi dan stakeholders yang bertujuan guna meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. Selain itu dalam menyusun program prioritas dalam rangka memberikan akses keuangan yangn selauas-luasnya kepada masyarakat Way Kanan, program tersebut fokus kepada pembiayaan asyik melalui Bank Syariah yang merupakan program unggulan TPAKD Kabupaten Way Kanan, fasilitasi dalam percepatan penyaluran kredit usaha rakyat serta Fasilitasi dan Pemberdayaan Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam)”, ujar Bupati Adipati.

 

Program Asyik merupakan wujud konkrit upaya percepatan akses keuangan bagi masyarakat Kabupaten Way Kanan yang dimotori oleh Pemerintah Kabupaten melalui Bank Syariah. Untuk mendukung program Asyik, Pemerintah Kabupaten akan menambah modal Bank Syariah Way Kanan dari Rp.8 Milyar menjadi Rp.30 Milyar dalam bentuk penyertaan modal Pemerintah Daerah yang akan dimulai tahun depan, dengan Margin yang rendah diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Saya mengajak stakeholder terkait untuk melakukan koordinasi yang serius dalam mensosialisasikan akses keuangan bagi masyarakat dan program pembiayaan dengan margin rendah. karena peningkatan dan pelayanan akses keuangan merupakan hak dasar masyarakat dan menjadi sangat penting dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Untuk itu saya berharap, semoga kedepan lebih banyak lagi inovasi melalui program dan kegiatan berbasis pelayanan akses keuangan yang diperuntukkan bagi masyarakat Way Kanan”, lanjutnya yang juga berpesan bahwa perbankan dituntut untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah agar nasabah puas terhadap pelayanan yang diberikan. Selain itu perbankan juga diharapkan lebih mempermudah pelayanan permodalan bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Adipati juga meresmikan Kantor Kas Bank Syariah Way Kanan Blambangan Umpu yang ditandai dengan simulasi ATM Cardless Atau Anjungan Tunai Mandiri Tanpa Kartu, sebagai langkah awal peningkatan pelayanan perbankan melalui Bank Syariah Way Kanan kepada masyarakat di Kecamatan Blambangan Umpu.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Achmad Gantha, L’Ng.,M.M  mengapresiasi adanya ATM Cardless sebagai bentuk upaya yang terus dilakukan oleh Pemerintah beserta stakeholder dalam meningkatkan mutu pelayanan perbankan kepada masyarakat Kecamatan Blambangan Umpu.

“Semoga dengan dibukanya kantor kas Bank Syariah Way Kanan di Blambangan Umpu yang ditandai dengan simulasi ATM Tanpa Kartu dapat mempermudah masyarakat mengakses program-program keuangan berbasis ekonomi kerakyatan”, ujar Achmad Gantha.

Diketahui, pada acara tersebut Bupati Adipati melakukan Pengukuhan 28 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah yang dikoordinatori oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP serta penyerahan secara simbolis Program Unggulan TPAKD Way Kanan yaitu Pembiayaan Asyik (Akad Syariah Industri Kreatif) kepada Halimah Tusa'diah Home Industri Dapur Way Kanan sebesar Rp 100 Juta, Andi Kusnadi Peternak Telur Ayam sebesar Rp 100 Juta dan Simas Home Industri Dekla sebesar Rp 40 Juta.

Selanjutnya penyerahan Tabungan Simple (Simpanan Pelajar) kepada Bais Aprilian pelajar MIN 1 Way Kanan, Aidi pelajar SMP Negeri 1 Blambangan Umpu, Bella pelajar SMA Negeri 1 Blambangan Umpu dan Alvi pelajar SMK YP 17 Baradatu.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Editor : Edward Apriadi

Photo : Dicy / Humas Pemda

Komentar