Rawat Ginjal Kamu dengan CERDIK dan PATUH

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :15 Maret 2019 | Sudah Dilihat : 290 Kali Dilihat

Perilaku "CERDIK" yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres, "PATUH" yaitu Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet sehat dengan gizi seimbang, Upayakan beraktivitas fisik dengan aman dan Hindari rokok, alkohol dan zat karsinogenik lainnya.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja, meskipun tubuh dalam keadaan tidur. Walaupun hanya berukuran satu kepalan tangan, ginjal memiliki banyak peran penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Beberapa fungsi ginjal diantaranya adalah menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, memproduksi hormon yang membantu produksi sel darah merah, hingga menunjang kesehatan tulang dan mengatur tekanan darah. Setiap hari, kurang lebih sekitar 200 liter darah yang harus disaring oleh ginjal.

Semua tugas penting tersebut, bisa dilakukan selama fungsi ginjal dalam kondisi optimal. Ada berbagai macam faktor yang dapat mengganggu dan menurunkan kinerja serta fungsi ginjal, diantaranya adalah penyakit ginjal kronis, gagal ginjal serta sindrom nefrotik. Saat ini, penyakit ginjal menjadi penyebab kematian nomor 12 terbesar di dunia.

Beberapa masalah pada ginjal sering terdeteksi setelah terlambat. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda awal yang mungkin muncul ketika fungsi ginjal mulai mengalami penurunan. Beberapa gejala awal tersebut diantaranya adalah urin terlalu banyak atau malah terlalu sedikit, kram otot, mual, muntah, tidak merasa lapar, sulit tidur, sulit bernapas, bengkak pada kaki dan pergelangan kaki.

Pada beberapa kasus, ginjal bisa berhenti bekerja secara tiba-tiba. Kondisi ini disebut sebagai gagal ginjal akut, yang disertai dengan gejala nyeri perut, nyeri punggung, diare, demam, mimisan, ruam merah pada kulit dan muntah. Namun gejala-gejala tersebut tidak selalu berkaitan dengan masalah ginjal, lebih baik segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan ketika menemukan atau mengalami beberapa gejala-gejala terkait penurunan fungsi ginjal tersebut. 

Kami mengajak masyarakat Kabupaten Way Kanan untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit gagal ginjal dan mencegah faktor resiko penyebab terjadinya penyakit ginjal dengan Perilaku CERDIK dan PATUH. Jum’at (15/3/2019).

 

 

Komentar