Sekda Saipul Ikuti Vicon Sosialisasi MCP KPK RI

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :18 Mei 2020 | Sudah Dilihat : 245 Kali Dilihat

Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP didampingi unsur Inspektorat Daerah Kabupaten, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Bagian Pangadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten, mengikuti Video Conference Sosialisasi Monitoring Centre For Prevention (MCP) Tahun 2020 oleh KPK Republik Indonesia, Senin (18/05/2020) yang diikuti oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten / Kota se-Provinsi Lampung.

Dari informasi yang diterima Dinas Komunikasi dan Informatika, pada Vicon tersebut diselenggarakan dalam dua sesi dimana pada sesi pertama membahas terkait perencanaan dan penganggaran APBD dan sesi kedua membahas mengenai pengadaan barang dan jasa.

Pada MCP tersebut, setiap Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota seyogyanya melakukan penginputan terkait indikator yang telah dilaksanakan secara rutin dalam Aplikasi MCP yang telah terintegrasi melalui www.jaga.id. Dimana indikator yang harus diinput pada tahap perencanaan dan penganggaran APBD meliputi tersedianya aplikasi Perencanaan APBD, terdokumentasinya kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Pokok-pokok Pikiran DPRD dan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah. Selanjutnya, terdokumentasinya RPJMD, Standar Satuan Harga, Analisis Standar Biaya, Integrasi Perencanaan dan Penganggaran serta Penganggaran APBD.

Sementara indikator yang harus dipenuhi pada Pengadaan Barang dan Jasa yaitu Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Independen, Pelaksanaan Tugas dan Fungsi, Kelompok Kerja Mandiri, Perangkat Pendukung, Penayangan SIRUP serta Pengendalian dan Pengawasan.

Pada Tahun 2019, capaian MCP KPK Pemerintah Kabupaten Way Kanan yaitu 79 persen. Dimana hal tersebut memerlukan upaya dan dukungan dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk lebih meningkatkan pemenuhan ditiap indikatornya.

Diketahui, Vicon terkait Sosialisasi MCP KPK RI direncanakan akan dilanjutkan pada Tanggal 20, 28 dan 29 Mei mendatang dengan mengangkat tema pada tiap indikator dalam MCP.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Dinas Kominfo

Komentar