Tim Verifikator KKS Kemenkes RI Tiba Di Way Kanan

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :13 Agustus 2019 | Sudah Dilihat : 410 Kali Dilihat

Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, M.M didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Drs. Rusdi, M.M, dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Kussarwono, M.T menerima Kedatangan Tim Verifikator Kabupaten / Kota Sehat (KKS) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Selasa (13/08/2019).

Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan itu, Edward Antony dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Way Kanan adalah Kabupaten keempat setelah Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Pesisir Barat yangn lolos verifikasi lapangan oleh Tim Verifikasi KKS Pusat setelah dilakukan verifikasi dokumen terhadap 202 usulan Kabupaten/Kota dari 165 Kabupaten/Kota di 29 Provinsi.

“Indikator yang akan dinilai pada Verifikasi Lapangan hari ini yaitu kelembagaan tatanan kawasan permukiman, sarana dan prasarana sehat serta tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri. Dimana semua untuk terlibat dalam kegiatan tersebut mulai dari SKPD Tingkat Kabupaten sampai Unit Kerja Tingkat Kecamatan dan Kampung serta Organisasi Profesi, Kemasyarakatan, Dunia Usaha dan Sektor Swasta bersinergi dan bekerja secara optimal untuk mendapaatkan hasil yang terbaik demi kemajuan dan mewujudkan Way Kanan Maju dan Berdaya Saing”, ujar Edward Antony.

Ia menegaskan  bahwa penghargaan Kaabupaten/Kota Sehat bukan merupakan akhir dari tujuan yang akan dicapai, melainkan menjadi moment untuk koordinasi, evaluasi daan motivasai masyarakat dalam melaksanakan pola hidup bersih, sehat dan yang terpenting adalah untuk menjalin dukungan kemitraan yang baik antar Pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan khususnya dibidang kesehatan.

Ditempat yang sama, Tim Verifikator KKS Kementerian Kesehatan RI, Diana dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada Kabupaten Way Kanan yang sebelumnya berhasil mencapai ODF 100% yang merupakan salah satu tatanan wajib bagi Kabupaten/Kota untuk meraih Kabupaten/Kota Sehat.

“Selain itu, tujuan dari KKS yaitu suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni yang dicapai melalui kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat serta Pemerintah Daerah yang melibatkan seluruh instansi terkait. Dengan konsep KKS yaitu untuk peningkatan derajat kesehatan, kondisi lingkungan fisik dan non fisik serta pemberdayaan masyarakat”, ujar Diana.

Selanjutnya, Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Bambang Susilo dalam paparannya menyampaikan terkait pengertian tujuan dan indikator Kabupaten/Kota Sehat serta prestasi-prestasi yang telah diraih Kabupaten Way Kanan yaitu Penghargaan Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Penghargaan ODF (Open Defecation Free) sebagai Kabupaten yang telah Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan dari Kementerian Kesehatan, Penghargaan Adipura untuk Kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup, Penghargaan Capaian Imunisasi MR Tercepat Nasional Fase II dari Kementerian Kesehatan, Penghargaan Manggala Karya Kencana untuk Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Manado Sulawesi Utara, Penghargaan Pakarti Madya III Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Nasional, Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia pada acara Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2017 di Pekan Baru tentang Percepatan Cakupan Pemberian Akta Kelahiran Tahun 2017.

Selanjutunya, Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tentang Kabupaten Way Kanan sebagai INISIATOR KABUPATEN LAYAK ANAK, Peringkat III Lomba Peningkatan Peran Perempuan menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera ( P3KSS)  dan Peringkat IV Lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) Tingkat Propinsi Lampung Tahun 2017, Peringkat Pertama sebagai Pelaksana Terbaik  pada Lomba Kesatuan Gerak PKK –KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017 dan Peringkat III PHBS pada Lomba Kesatuan Gerak PKK –KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018.

 

 

Penulis : Fitria Wulandari

Editor : Edward Apriadi

Photo : Emir / Humas Pemda

 

Komentar