Vaksinasi Bagi Pedagang Pasar, Pelaku UMKM dan Petugas Publik, Bupati Adipati Minta Masyarakat Tidak Takut

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :08 April 2021 | Sudah Dilihat : 126 Kali Dilihat

Sejak diumumkan oleh Pemerintah kasus konfirmasi pertama Covid-19 di Indonesia pada awal Maret 2020 dan ditetapkan Pandemi Covid-19 sebagai bencana non-alam, dalam rentang waktu satu bulan seluruh Provinsi telah melaporkan kasus terkonfirmasi. Dengan penyebaran yang telah sampai hingga ke Pedesaan di daerah terpencil, maka segera dilakukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan Protokol Kesehatan, namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit melalui upaya pemberian vaksinasi. Dimana vaksinasi adalah upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit berbahaya. Dalam vaksinasi terdapat konsep Kekebalan Kelompok, yang hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi pada sasaran tinggi dan merata diseluruh wilayah. Sebagian besar sasaran yang telah kebal tersebut secara tidak langsung akan turut memberikan perlindungan bagi kelompok usia lainnya, sehingga bila da satu atau sejumlah kasus PD3I di masyarakat maka penyakit tersebut tidak akan menyebar dengan cepat dan Kejadian Luar Biasa (KLB) dapat dicegah.

 

”Tujuan kita pada hari ini adalah untuk melakukan pemberian Vaksinasi Covid-19 bagi pelayan publik terutama pedagang pasar dan pelaku UMKM serta diikuti diseluruh Fasilitas Kesehatan Kabupaten Way Kanan. Pedagang Pasar menjadi pilihan target Vaksinasi Covid-19 karena kelompok ini cukup sering berkontak dengan masyarakat umum. Program Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua, selain menyasar pedagang pasar juga menyasar petugas publik lainnya dan lansia. Dengan target tahap kedua ini rampung pada Mei 2021 mendatang”, ujar Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M pada Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelayan Publik (Pedagang Pasar) di Rumah Dinas Bupati, Kamis (08/04/2021).

Pada tahap kedua ini, masih lanjut Bupati Adipati, untuk lansia dan petugas publik ditargetkan harus selesai diakhir Bulan Mei, sehingga dibulan-bulan selanjutnya yaitu Bulan Juni sudah mulai Vaksinasi untuk Tahap Ketiga. Dirinya juga meminta agar masyarakat tidak perlu takut dan khawatir karena Pejabat sudah melaksanakan dan diimunisasi Covid-19 terlebih dahulu.

 

“Dalam kegiatan yang tetap menerapkan Protokol Kesehatan ini, Saya berharap agar pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Way Kanan dapat dilakukan secara aman dan lancar, serta upaya yang kita lakukan mendapat Ridho dari Allah Subhanallahu Wa Ta’ala, aamiin”, tutup Bupati Adipati.

 

Penulis : Fitria  Wulandari

Photo : Nurdin / Dok. Pim

Komentar