Verifikasi Kabupaten Sehat, Tim Kemenkes RI Kunjungi Kabupaten Way Kanan

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :15 Agustus 2019 | Sudah Dilihat : 214 Kali Dilihat

Tim Verifikator Kabupaten/Kota Sehat melakukan kunjungan ke Kabupaten Way Kanan untuk verifikasi lapangan dan bertemu langsung dengan masyarakat Kabupaten Way Kanan. Hal ini dilakukan karena Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu Kabupaten dari 165 Kabupaten/Kota lainnya di seluruh Indonesia  yang telah lolos verifikasi dokumen.

Tim yang diketuai oleh Diana Nurhayati, S.KM., dan didampingi oleh Lucky Aris Suryono, S.KM., M.Kes., dari Kementerian Kesehatan RI, diterima langsung oleh Wakil Bupati Way Kanan, Dr. Drs. H. Edward Anthony, M.M., dan Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul, S.Sos., M.IP., juga dihadiri oleh Tim Pembina Kabupaten, dan Forum Kabupaten Way Kanan Sehat, bertempat di Ruang Rapat Utama Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Selasa (13/08/2019).

Dalam sambutannya, Edward menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan menyambut positif atas lolosnya Kabupaten Way Kanan dalam verifikasi dokumen, sehingga Tim Verifikator dapat berkunjung untuk melakukan verifikasi lapangan. Lebih lanjut Edward menegaskan bahwa penghargaan ini bukan merupakan akhir dari tujuan yang akan dicapai, tetapi menjadi momen untuk koordinasi, evaluasi, dan motivasi dalam melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, dan yang paling penting adalah untuk menjalin dukungan kemitraan yang baik antara Pemerintah dengan masyarakat, sehingga dapat bersinergi dalam pembangunan khususnya bidang kesehatan.

Selesai acara penyambutan dan ramah tamah, dilanjutkan dengan presentasi dan paparan tentang Progres Penyelenggaraan Kabupaten Sehat di Kabupaten Way Kanan, yang disampaikan oleh Bambang Susilo selaku Sekretaris Forum Kabupaten Way Kanan Sehat. Selanjutnya, tim langsung mengunjungi kantor sekretariat Tim Pembina Kabupaten Way Kanan Sehat yang berlokasi disamping Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, tim meninjau dan melakukan verifikasi kelengkapan administrasi dan dokumen pendukung lainnya.

Setelah verifikasi dengan Tim Pembina dan Forum Kabupaten, Tim Verifikator mengunjungi UPT Puskesmas Blambangan Umpu untuk meninjau implementasi Kawasan Dilarang Merokok dan Puskesmas Ramah Anak, dilanjutkan verifikasi di Sekretariat Forum Komunikasi Kecamatan Blambangan Umpu, dan mengunjungi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah di Kecamatan Blambangan Umpu.

Lokasi tatanan lainnya yang dikunjungi Tim Verifikator adalah Sekretariat Kelompok Kerja (Pokja) Kampung di Kampung Bumi Baru, Kecamatan Blambangan Umpu yang merupakan Kampung Open Defecation Free (ODF) Bebas Cemplung, Kampung Rintisan Bebas Narkoba, dan Peringkat III Kampung Adipura Tingkat Kabupaten Way Kanan. Selain itu, tatanan yang juga dikunjungi adalah Sekolah Adiwiyata yang berlokasi di SDN  Sidoarjo Kecamatan Blambangan Umpu, Rumah Kompos Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek Bulan di Kp. Campur Asri, Kecamatan Baradatu, dan pengelolaan sungai di Kampung Gedung Rejo Kecamatan Baradatu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Anang Risgiyanto, S.KM., M.Kes., selaku Tim Pembina Kabupaten Way Kanan Sehat, sangat optimis dan berharap verifikasi lapangan ini memenuhi semua indikator penilaian yang terdiri dari kelembagaan, tatanan kawasan permukiman, sarana dan prasarana sehat, dan tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, karena konsep kabupaten sehat pada dasarnya adalah untuk peningkatan derajat kesehatan, peningkatan kondisi lingkungan fisik dan non fisik, serta peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan kesehatan.

Selama verifikasi lapangan dan meninjau lokasi tatanan yang dikunjungi, Tim Verifikator didampingi oleh Tim Pembina Kabupaten yang diwakili oleh Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Selain itu juga turut serta Forum Kabupaten yang diwakili oleh TP PKK Kabupaten dan Organisasi Kemasyarakatan, serta Tim Pembina KKS Provinsi Lampung yang diwakili dari Dinas Kesehatan dan Bappeda Provinsi Lampung.

Untuk tahap pertama ini Kabupaten Way Kanan baru mengikuti klasifikasi dan kriteria pada tahap Pemantapan, sehingga nantinya jika memenuhi semua indikator penilaian dan lolos verifikasi lapangan akan mendapatkan Penghargaan Swasti Saba Padapa Kabupaten Sehat 2019.

Komentar