Way Kanan Canangkan Hari Baca Buku Para Pelajar

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :18 September 2019 | Sudah Dilihat : 255 Kali Dilihat

Usai bersilaturahmi dan ngopi pagi bareng dengan para petani Kampung Banjar Mulya Kecamatan Baradatu, selanjutnya Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M didampingi Duta Baca Kabupaten Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Kegiatan Perpustakaan Keliling dan Sosialisasi Implememtasi Perpustakaan Digital IPUSNAS RI serta Penyerahan Hadiah Duta Baca Tahun 2019 di SMP Negeri 1 Kecamatan Kasui, Rabu (18/09/2019).

Pada kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Drs. Juanda,M.M Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Thurismawaty Edward Antony, Ketua Dharmawania Vorian Melita Saipul, Bupati Adipati dalam sambutannya mengatakan bahwa minat baca masyarakat melalui perpustakaan saat ini massih jauh dari apa yang menjadi harapan bersama serta massih menjadi sesuatu yang dianggap kurang penting, kurang diminati dan banyak yangn tidak peduli.

“Ini seharusnya menjadi motivasi kita bersama untuk menghapuskan image perpustakaan dan arsip dari hal-hal tersebut serta budaya membaca khususnya di Kabupaten Way Kanan dan Indonesia pada umumnya harus lebih digalakkan. Karena jika diketahui dengan membaca akan terbuka cakrawala terhadap dunia dan dari buku pula kita dapat menemukan berbagai sumber pengetahua yang tak terbatas”, ujar Bupati Adipati.

Kebiasaan membaca perlu dimulai dari usia dini sejak di rumah, di Sekolah Dasar, SMP dan SLTA, hingga di Perguruan Tinggi. Tanpa kebiasaan membaca, maka akan sangat sulit untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang kesemuanya berada dalam buku-buku kebiasaan membaca dan penguasaan iptek bagikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Banyak membaca akan banyak mendapatkan pengetahuan, dan orang yang menguasai ilmu pengetahuan ialah orang yang memiliki sumber daya yang berkualitas yang dapat melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan semua bangsa.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip telah melaksanakan berbagai program kegiatan Peningkatan Minat Baca Masyarakat baik melalui kegiatan Perpustakaan Kampung, Taman Bacaan Masyarakat, Perpustakaan Keliling dan lainnya. Serta telah banyak prestasi yang kita torehkan dan menjadi kebanggaan kita. Diantaranya  pada tahun 2019 ini, kita meraih Juara 1 Bercerita Tingkat Provinsi Lampung, Juara 3 Perpustakaan Kampung se-Provins Lampung dan masuk 20 besar literasi Kampung se-Indonesia yang diraih oleh Kampung Umpu Kencana Kecamatan Blambangan Umpu”, lanjutnya.

Pada kegiatan Pencanangan Hari Baca Buku Para Pelajar di Kecamatan Kasui, sambungnya, dengan agenda kegiatan Perpustakaan Keliling, Sosialisasi Perpustakaan Digital dan Pemilihan Duta Baca, merupakan kegiatan positif yang terus ditingkatkan dan dikembangkan, bukan saja di Kecamatan kasui, tetapi juga di Kecamatan lainnya di Kabupaten Way Kanan, sebagai bentuk usaha mewujudkan masyarakat yang cerdas, melalui kebiasaan membaca, karena buku adalah jendelanya ilmu, buku jendelanya dunia, dengan membaca buku memiliki ilmu dengan membaca buku akan mengenal Dunia.

“Saya berharap kepada para pelajar untuk membiasakan membaca buku, baik disekolah maupun dirumah, dan kepada orang tua siswa untuk memberikan bimbingan dan pengawasan kepada anak-anak kita, karena dijaman era globalisasi yang semakin berkembang ini, kadang prilaku anak kita kurang terkontrol, oleh karena mohon kerjasamanya. Dan kepada para guru, kepala sekolah untuk dapat memfungsikan perpustakaan sekolah dengan sebaik-baiknya, sebagai tempat para pelajar untuk menambah ilmu pengetahuasn yang berguna bagi kehidupannya masa depannya”, pungkasnya.

Diketahui, nantinya Bupati Way Kanan akan mencanangkan Gerakan Baca Buku Para Pelajar yang dimulai dari Kecamatan Kasui dengan waktu 30 menit sebelum dimulai kegiatan Belajar Mengajar dengan jadwal ditentukan oleh masing-masing sekolah.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Editor : Edward Apriadi

Photo : Jaka / Humas Pemda

Komentar