Wujudkan Ibu Hamil yang Sehat dan Selamat dengan Kelas Ibu Hamil

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :13 Maret 2019 | Sudah Dilihat : 305 Kali Dilihat

Salah satu strategi pemerintah dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi adalah melalui kelas ibu hamil. Dengan mengikuti kelas ini, pengetahuan calon ibu tentang bayi dan persiapan selama kehamilan akan lebih bertambah sehingga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama masa kehamilan hingga proses melahirkan.   

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 20 minggu sampai dengan 32 minggu, dengan pertimbangan bahwa pada umur kehamilan tersebut kondisi ibu sudah kuat, tidak takut terjadi keguguran, dan lebih efektif untuk melakukan senam hamil. Peserta kelas ibu hamil ini maksimal terdiri dari 10 orang ibu hamil.

Di kelas ini ibu-ibu hamil akan belajar bersama, berkonsultasi, berdiskusi dan saling tukar informasi dan pengalaman seputar masalah kehamilan, kesehatan ibu dan anak secara menyeluruh dan sistematis,  dilakukan secara terjadwal dan berkesinambungan. Selain itu juga dilakukan praktek olahraga ringan dan aman yang dapat ibu hamil lakukan selama masa kehamilan.

Tujuan kelas ibu hamil ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular dan pentingnya akte kelahiran anak.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Anang Risgiyanto, S.KM, M.Kes, dengan mengikuti kelas ibu hamil diharapkan dapat lebih mengontrol dan mengelola mood maupun tingkat emosional yang tidak stabil selama kehamilan, dapat mengatasi rasa takut saat proses melahirkan, dan persiapan mental akan memiliki bayi sehingga ibu hamil dapat mempersiapkan secara optimal kehamilan dan persalinannya sehingga ibu dan bayi sehat dan selamat. Rabu (13/3/2019).

 

Komentar