Selayang Pandang


Kabupaten Way Kanan adalah salah satu dari 15 kabupaten/kota di Propinsi Lampung, yang memiliki luas wilayah seluas 3.921,63 km2 atau sebesar 11,11 persen dari luas Propinsi Lampung. Ibukota Kabupaten adalah Blambangan Umpu yang menjadi salah satu kampung tua yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Secara topografi, Kabupaten Way Kanan dapat dibagi menjadi 2 (dua) unit topografis, yaitu: daerah topografis berbukit sampai bergunung dan daerah River Basin.

Daerah Kabupaten Way Kanan memilki iklim tropis dengan 2 (dua) musim yang selalu berganti sepanjang tahun, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Temperatur rata-rata di daerah ini pada 30 derajat C.

Kabupaten Way Kanan memiliki potensi yang tinggi untuk pengembangan di sektor pertanian. Sebagian besar sungai-sungainya mengalir dari arah barat yang berbukit-bukit menuju ke arah Timur yang landai, hal ini sangat potensial untuk pengembangan irigasi.

Secara astronomis, Kabupaten Way Kanan terletak antara 4 12’ - 4 58’ Lintang Selatan dan antara 104 17’−105 04’ Bujur Timur.

Berdasarkan posisi geografisnya, Kabupaten Way Kanan memiliki batas-batas: Utara – Provinsi Sumatera Selatan; Selatan – Kabupaten Lampung Utara; Barat – Kabupaten Lampung Barat; Timur – Kabupaten Tulang Bawang Barat.

 Kabupaten Way Kanan terdiri dari 14 kecamatan, yaitu:

- Banjit

- Baradatu

- Gunung Labuhan

- Kasui

- Rebang Tangkas

- Blambangan Umpu

- Way Tuba

- Negeri Agung

- Bahuga

- Buay Bahuga

- Bumi Agung

- Pakuan Ratu

- Negara Batin

- Negeri Besar