Pelantikan Kakam, Bupati Adipati Kembali Tegaskan Kakam Tidak Boleh Ganti Perangkat Kampung

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :17 Juni 2021 | Sudah Dilihat : 579 Kali Dilihat

Bertempat di Gedung Olahraga Kampung Umpu Bhakti Kecamatan Blambangan Umpu, Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M melantik 4 (Empat) Kepala Kampung Terpilih Hasil Pilkakam Serentak Tahun 2021, Kamis (17/06/2021). Turut hadir pada acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Asisten I Bidang Pemeritahan dan Kesra, Selan, S.Sos.,M.M, Inspektur Daerah Kabupaten, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Satuan Polisi Pamong Praja, Bagian Tata Pemerintahan dan Camat Blambangan Umpu.

Dalam sambutannya, Bupati Adipati menyampaikan bahwa Pemerintah dalam beberapa Tahun terakhir telah menggelontorkan ADD/ADK Milyaran kesetiap desa/kampung untuk dikelola kepala Desa/Kampung, disertai dengan aturan sebagai landasan untuk menjalankan anggaran besar itu. Saat ini tengah menjadi sorotan berbagai kalangan baik dari masyarakat, penggiat anti korupsi, aparat penegak dan pihak-pihak lainnya termasuk dari Pemerintah Daerah. Tidak sedikit Kepala Desa/Kampung bermasalah, bahkan terjerat oleh hukum akibat kecerobohan ataupun Kepala Kampung kurang memahami aturan-aturan dalam pelaksanaan ADD/ADK, anggaran dilaksanakan secara mark-up bahkan piktif.

 

“Selain itu, Saya juga menekankan untuk menjadi perhatian para Kepala Kampung agar bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh sesuai dengan fungsi dan tugas berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, Kakam dan BPK merupakan mitra sehingga harus dapat membangun komunikasi yang harmonis sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerjasama penyelenggaraan Pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di Kampung. Kakam dan BPK dapat mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan ADD/ADK, sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektf, transparan dan pengelolaannya dapat dipertanggungjawabkan secara baik dan benar sesuai dengan ketentuan peraturan yang terlaku, dan menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di Kampung baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat kampung secara keseluruhan, sehingga akan menorong terwujudnya kemandirian Kampung baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam kerangka membantu Pemkab Way Kanan mewujudkan Way Kanan Unggul dan Sejahtera”, ujar Bupati Adipati.

Selanjutnya, pada Pelantikan yang juga dihadiri oleh Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati, Ketua I TP PKK Kabupaten, Ny. Eka Listriyeni Ali Rahman, Ketua II TP PKK Kabupaten dan Ny. Vorian Melita Saipul, Bupati penerima Penghargaan Top Regent Of The Year 2017 dari Seven media dan The Key People Magazine bekerjasama Clock Research & Development serta  Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kominfo,  dan kementerian desa dan PDTT Republik Indonesia itu menegaskan kepada para Kepala Kampung untuk tidak semena-mena mengganti Aparatur Kampung.

 

“Jangan mengganti perangkat Kampung yang terkecuali Perangkat Kampung itu meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan karena tidak lagi memenuhi syarat sebagai Perangkat Kampung, melanggar larangan Perangkat Kampung serta tidak melaksanakan kewajiban sebagai Perangkat Kampung. Untuk itu Kepala Kampung sebaiknya dapat memberdayakan Perangkat Kampung yang ada”, tegas Bupati Adipati yang pada saat itu melantik M. Helmi Ibrahim sebagai Kakam Lembasung yang sebelumnya dijabat oleh Padly Huzairi, A.Md sebagai Pj. Kakam Lembasung, Lukmadi, S.H sebagai Kakam Sri Rejeki yang sebelumnya dijabat oleh Arif Rakhman Hakim, S.E sebagai Pj. Kakam Sri Rejeki, Noviansah sebagai Kakam Tanjung Sari yang sebelumnya dijabat oleh Alex Fadli Ahmadi, S.E sebagai Pj. Kakam Tanjung Sari dan Eva Soyana, S.H sebagai Kakam Umpu Bahkti yang sebelumnya dijabat oleh Edwar Apriadi, S.H sebagai Pj. Kakam Umpu Bhakti sesuai Surat Keputusan Bupati Way Kanan Nomor : B.100/IV.13-WK/HK/2021 Tentang Pengesahan Pemberhentian Penjabat Kepala Kampung dan Pengangkatan Kepala Kampung Dalam Wilayah Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Ari / Dok. Pim

 

Komentar