Sekda Saipul Pimpin Rakoor TPID Way Kanan

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :12 April 2021 | Sudah Dilihat : 231 Kali Dilihat

Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Kussarwono, M.T memimpin Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Way Kanan, Senin (12/04/2021) di Ruang Rapat Sekda setempat.

Turut hadir Kepala dan unsur Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Satuan Polisi Pamong Praja, Bagian Perekonomian dan Bagian SDA Setdakab Way Kanan.

 

Dalam rakoor tersebut  membahas terkait dengan Komoditas yang perlu diwaspadai pada HBKN Idul Fitri 2021 yaitu daging ayam ras, cabai rawit, daging sapi, telur ayam ras dan bawang merah. Dimana faktor inflasi meliputi Administrasi Prices yaitu Proses kenaikan tariff angkutan udara menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, Volatile Food yaitu Permintaan meningkat tidak diiringi dengan tercukupinya stok dan Core yaitu Proyeksi kenaikan harga emas.

Sekda Saipul melalui Kabag Perekonomian, Andika Saputra, S.E.,M.M menjelaskan bahwa Prediksi Komoditas penyumbang inflasi Bulan Ramadhan yaitu Cabai rawit, Cabai merah, Beras premium, Daging Ayam, Bawang Putih, Bawang merah dan LPG 3 Kg. Rekomendasi diperlukan langkah konkret dari semua pihak menjelang HBKN Idul Fitri 1442 H yang meliputi Keterjangkauan harga dengan melakukan pemantauan harga harian dan perbandingan harga dengan Daerah lain, salah satunya melalui aplikasi Pusat Informasi Harga Pangnan Strategis (https://hargapangan.id/) dan melakukan operasi pasar murah sebelum dan selama Ramadhan terhadap komoditas yang dibutuhkan masyarakat.

Bedasarkan Perbandingan dari Sistem Informasi Harga Pangan dan Ekonomi Pemerintah Kabupaten Way Kanan (Siraden) dengan Harga PIHPS Nasional (http://hargapangan.id/) diketahui untuk komoditas Cabai Rawit, Cabai Merah, Beras Premium, Daging Ayam, Bawang Putih, Masih dibawah standar Harga Nasional kecuali LPG 3 Kg.

 

Pada Ketersediaan Pasokan dapat dilakukan dengan memastikan ketersediaan pasokan agar tidak meningkatkan tekanan kenaikan harga, melakukan koordinasi dengan asosiasi dan distributor komoditas pangan serta melakukan sidak pasar dan gudang menjelang dan selama Ramadhan. Sedangkan untuk Kelancaran Distribusi dapat dilakukan dengan TPID dan Satgas Pangan melakukan koordinasi untuk memastikan kembali kecukupan pasokan dan kelancaran akses distribusi bahan pokok serta memberikan kemudahan dan dispensasi bagi moda transportasi yang melayani pasokan kebutuhan pangan strategis. Dan pada Komunikasi Efektif dapat dilakukan dengan menjaga ekspektasi positif masyarakat, komunikasi dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi serta mengumumkan kegiatan pasar murah berserta lokasi, tanggal, jenis, jumlah dan harga komoditas yang akan dijual jauh hari sebelumnya.

“Untuk Action Plan TPID Kabupaten Way Kanan, Dinas Indag melaksanakan Survey Pasar setiap pasaran dan berkoordinasi dengan BULOG Sub Drive Lampung Utara bilamana terjadi kenaikan harga untuk melaksanakan operasi pasar, Dinas Kominfo melaksanakan Konferensi Pers Bupati Way Kanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021 tentang Keamanan Stok Ketersediaan Pangan dan Stabilitas Hharga di Kabupaten Way Kanan. sementara Dinas Ketahanan Pangan melaporkan ketersediaan pangan di Kabupaten Way Kanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021”, ujar Kabag  Perekonomian, Andika Saputra.

 

Selanjutnya, untuk Dinas Perhubungan, masih jelas Kabag Perekonomian, menjaga kelancaran arus distribusi barang di Kabupaten Way Kanan menjelang Idul Fitri 2021. Untuk Sat Intel Kam Polres melakukan pengawasan distributor bahan pangan dan barang strategis. Dan BPS melakukan pemantauan pergerakan inflasi di Provinsi Lampung.

“Untuk BULOG pada actin plan TPID melaksanakan serap gabah pada petani Way Kanan yang sedang panen, memantau stok beras serta melaksanakan operasi pasar bila dibutuhkan. Selanjutnya Bagian SDA melakukan pemantauan pada setiap distributor dan pangkalan gas LPG terkait distribusi LPG di Kabupaten Way Kanan. sementara Bagian Perekonomian melakukan pemantauan pergerakan harga melalui aplikasi SIRADEN dan melaksanakan Sidak Pasar bersama SKPD terkait yaitu Dinas Indag, Satpol PP, Ketahanan Pangan, Sat Intel Kam Polres , Dinas Kesehatan dan Bagian SDA”, jelas Andhika Saputra.

Dari Unsur PT. Pertamina Menyampaikan, Untuk Kabupaten Way Kanan, 26 april sampai 29 mei tahun 2021 Akan Dilakukan penambahan stok seperti GAS LPG 3Kg serta BBM untuk memenuhi masa bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Jaka / Dok. Pim

Komentar